Taktik peningkatan SDM perlu dilaksanakan di masa globalisasi seperti saat ini. Peningkatan SDM adalah usaha yang dilaksanakan untuk membuat manusia yang bermutu dengan mempunyai ketrampilan, kekuatan kerja serta kesetiaan kerja pada satu perusahaan atau organisasi.

Kadang, cukup banyak perusahaan yang menampik calon pegawai sebab tidak penuhi kwalifikasi yang disebut. Disamping itu, banyak perusahaan yang dibuat, tetapi SDM nya tidak ada atau kurang. Dalam masa globalisasi ini, kompetisi akan makin ketat.

Masa globalisasi seolah memberi arus tehnologi serta info dan mobilitas sumberdaya manusia dari satu tempat ke lain tempat. salah satunya peningkatan SDM yang perlu dilaksanakan ialah lewat pendidikan.

Pendidikan penting dalam meningkatkan SDM sebab pengetahuan akan didapat diantaranya dengan pendidikan. Orang yang tingkat pendidikannya rendah, condong tidak mempunyai kekuatan dalam kerja. Perusahaan juga pada intinya memilih calon karyawan disaksikan dari tingkat pendidikannya.

Di Indonesia sendiri, angka kemiskinan yang berlangsung masih tinggi sekali. Salah satunya unsur yang mengakibatkannya ialah rendahnya tingkat pendidikan warga, hingga tidak mempunyai pekerjaan serta tingkatkan angka pengangguran.

Oleh karenanya, pemerintah mengusahakan Bimtek Keuangan ada harus belajar 9 tahun untuk membuat SDM yang bermutu di waktu akan datang. Selanjutnya, warga dengan tingkat pendidikan rendah tetapi mempunyai ketrampilan, akan ditingkatkan lewat UKM atau Usaha Kecil Menengah yang saat ini banyak dilaksanakan didesa-desa.

Taktik Peningkatan SDM
Taktik peningkatan SDM pada intinya bukan hanya lewat pendidikan serta peningkatan ketrampilan, tetapi terdapat beberapa langkah untuk mengembangkannya. Taktik peningkatan SDM menurut Jons, 1928 dalam Sarwono, 1993, diantaranya :

1. Lewat training.
Training mempunyai tujuan untuk meningkatkan individu berbentuk kenaikan ketrampilan, pengetahuan serta sikap.

2. Pendidikan.
Peningkatan SDM lewat pendidikan mempunyai tujuan untuk tingkatkan kekuatan kerja, dalam makna peningkatan berbentuk resmi serta terkait dengan karier.

3. Pembinaan.
Pembinaan mempunyai tujuan untuk mengendalikan serta membina manusia untuk sub skema organisasi lewat program-program perencana serta penilaian, seperti man power rencana, performnce apparaisal, job analytic, job classification dan sebagainya.

4. Recruitment.
Recruitment ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan SDM sesuai dengan kategorisasi keperluan organisasi serta untuk salah satunya alat organisasi dalam pembaruan serta peningkatan.

5. Melaluui Perkembangan skema.
Perkembangan skema mempunyai Pelatihan Tenaga Kerja arah untuk sesuaikan skema serta mekanisme organisasi untuk jawaban untuk memperhitungkan intimidasi serta kesempatan unsur external.

Dalam peningkatan SDM jangan dilaksanakan dengan cara asal-asalan sebab ini tersangkut kualitas SDM untuk satu organisasi atau perusahaan. SDM yang bermutu akan menolong perusahaan agar bisa semakin bertumbuh serta capai arah perusahaan.

Taktik Peningkatan SDM Pada Perusahaan
Peningkatan SDM bukan hanya dilaksanakan dilapisan warga saja tetapi dilaksanakan di perusahaan dengan meningkatkan kekuatan karyawannya. Taktik peningkatan SDM yang dilaksanakan oleh perusahaan ialah :

1. Memberikan peluang pada karyawan untuk mengalirkan inspirasi serta ide
Perusahaan yang bertumbuh ialah perusahaan yang ingin terima inspirasi serta ide dari beberapa karyawannya. Pada suatu perusahaan, karyawan berperan dalam meningkatkan perusahaan atau untuk roda penggerak satu perusahaan.

Karyawan perlu dihargai dengan sediakan tempat untuk mencurahkan semua inspirasi serta ide yang mereka punyai. Tidak disangkal jika karyawan mempunyai inspirasi serta ide yang semakin fresh serta lebih prospek. Dengan memberi peluang pada karyawan untuk mengalirkan inspirasi mereka, bermakna biarkan karyawan itu bertumbuh serta meningkatkan kekuatan yang mereka punya.

Menghilangkan sikap otoriter yang tidak mau dengarkan inspirasi, ide atau pendapat dari karyawannya sebab hal itu cuma akan membuat karyawan jadi tidak bertumbuh serta kurang produktif dan membuat karyawan untuk satu mesin untuk kerja.

2. Memberikan penghargaan.
Memberikan penghargaan pada karyawan adalah salah satunya taktik peningkatan SDM, kenapa?

Sebab pemberian penghargaan adalah sesuatu animo yang diberi oleh perusahaan pada karyawannya. Adanya pemberian penghargaan pada karyawan berprestasi, hal itu akan membuat karyawan yang lain terpacu agar bisa bertambah lebih baik. Hal itu akan memberikan andil besar pada perusahaan dalam meningkatkan perusahaannya.

3. Membuat training.
Training dilaksanakan bukan hanya untuk pribadi karyawannya saja, tetapi perusahaannya. Perusahaan tidak bertumbuh tanpa ada karyawan yang mempunyai ketrampilan serta ketertarikan kerja yang tinggi. Adanya training, diinginkan dapat mengeduk kekuatan beberapa karyawan serta meningkatkan ketrampilan yang mereka punya.

Demikian beberapa taktik peningkatan SDM untuk membuat SDM yang bermutu yang mempunyai ketrampilan serta tingkatkan kekuatan dalam kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu